Kamis, 26 Januari 2012

Mengakses Website

  • Pengertian Web Browser
Web Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah sofware yang dipakai untuk mengakses World Wide Web (WWW). WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedian). untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web servver) digunakan program cilent yang disebut web browser atau browser saja.
  

  • Macam-Macam Web Browser
-Netscape Navigator/Comunikator
-Internet explorer
-NSCA Mosaic
-Mozilla Firefox
-Lynx
-Google chrome
-Opra mini

  • Web browser yang menyatu dengan sistem windows. 
Web browser yang sudah menyatu dengan sistem windows yaitu Internet eksplorer, internet eksplorer ini sudah di sediakan oleh sistem windows jadi kita tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu.

  • Cara mengaktifkan web browser
Langkah-langkah menjalankan Browser yaitu:
a. Klik Stars.
b. Klik Program.
c. Klik Internet Explorer.
d. Komputer akan siap menjalankan software In

  • Cara Menulis Alamat Website
Website memiliki sebuah alamat untuk menunjukan letak keberadaannya. Hal ini dapat diumpamakan seperti sebuah rumah, didunia ini terdapat ratusan juta atau bahkan ribuan juta rumah yang berisi beragam manusia beserta sifatnya.
Agar browser membawa kita kesebuah website berdasarkan alamatnya, kita harus memasukkan alamat itu ke dalam lokasi yang tepat.
Dalam tampilan software Internet Exsplorer terdapat sebuah kota yang panjang dan di samping kiri kotak tersebut tertulis address. Kotak inilah yang harus kita isi sesuai dengan alamat yang kita tuju yang berisi informasi yang kita sukai dan inginkan.
Contoh: Memasukan alamat http://www.yocite.com> klik go atau enter.

  • Bentuk dan Contoh Alamat Website
Alamat website memiliki anatomi, tetapi bentuknya tidak mirip dengan alamat rumah teman kita. Alamat website lebih sederhana meskipun kita wajib teliti saat menuliskannya supaya browser tidak membawa kita ke alamat yang salah.
Bentuk alamat website adalah:
                                     http://www.nama domain

  • Pengertian Domain
Alamat internet memiliki sebuah kode yang di namakan dengan domain. Kode ini terletak dibagian belakang sebuah alamat website.
Contoh : a. http//www.telkom.net
         
  • Pengertian Link
Link atau nama lengkapnya hyperlink, merupakan semacam pintu yang menghubungkan satu halaman website dengan halaman-halaman website yang ada atau alamat website yang lain. 
Adapun fungsi dari link diantaranya :
a. untuk menghubungkan dari satu halaman website ke halaan lain
b. untuk menghuungkan dari satu halaman website ke alamat website lain
c. untuk menghubungkan dari satu halaman website ke alamat e-mail
d. untuk mnjalankan sebuah aplikasi misalnya memperdengarkan musik, gambar bergerak, menyimpan progam dan lain sebagainya

  • Ciri-ciri Link
a. Teks yang mengandung link biasanya bergaris bawah
b. Sebuah link, apakah berada dalam sebuah teks gambar, akan merubah bentuk kursor mouse dari anakan panah menjadi gambar tangan.

  • Cara Membuka Link
Cobalah kita masuk kesebuah website dengan menulis alamat website itu terlebih dahulu. Setelah itu, kita gerak-gerakan mouse dan amati bentuk kursor mouse.
Apabila berubah bentuk dari anak panah menjadi gambar tangan di atas sebuah teks atau gambar, artinya teks atau gambar itu menganung link. Kliklah tmbol kiri mouse pada link itu dan kita akan kebawa kehalaman lain.

  • Mencetak Website
Sangat dimungkinkan apabila kita menemukan informasi yang menarik diinternet seperti berikut, penelitian, kemudian kita ingin mencetak informasi tersebut supaya bisa kita bawa kesana kemari kepada orang lain. Software Internet Explorer menyediakan fasilitas untuk mencetak satu buah halaman website lewat sebuah perintah. Sebelum melakukan hal tersebut diatas, kita terlebih dahulu mensetting ukuran kertas agar informasi yang ada dihalaman website bisa tertampung dengan tepat siatas kertas.
Langkah-langkah sebagai berikut:
 a. Pilih menu file
 b. Pilih page stup
 c. Tentukan ukuran kertas misalnya: A4
 d. Di bagian Orientationes kita menentukan dengan kertas horizontal atau kertas vertikal,
 e. Tentukan margin kiri, kanan, atas atau bawah
 f. Tekan OK

  • Menyimpan alamat website pada komputer
Suatu kita ingin memiliki atau menemukan sebuah alamat yang akan membawa kita kesebuah website yang menawarkan informasi dan teknologi yang sangat kita butuhkan dan alamat tersebut kita ingin melupakan begitu saja, barang kali kita akan menulisnya kedalam secarik kertas dan menyimpannya ditempat pribadi kita. Hal tersebut sebenarnya tidak perlu, karena software Internet Explorer menyediakan fasilitas khusus yang dinamakan dengan FAVORITES yang fungsinya untuk menyimpan alamt-alamat website yang menarik.
Langkah-langkah sebagai berikut:
a. Ketiklah alamat website yang menurut kita sukai dikotak address dan tekan enter
b. Lalu tekan menu FAVORITES
c. Pilih Add to Favorites
d. Berikan nama alamat website yang ingin kita simpan dengan nama tertentu yang kita sukai dikotak name
e. Kliklah OK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar